Alat Pengukur Ketebalan Kertas

Alat Pengukur Ketebalan Kertas – Kertas merupakan sebuah kemasan yang sudah lama digunakan sebelum ditemukannya plastik dan logam. Walau begitu, meskipun plastik maupun logam telah ditemukan tetapi kertas masih banyak digunakan sebagai kemasan. Hal ini karena kertas memiliki harga yang murah, mudah diperoleh dan penggunaannya yang lebih luas. Selain digunakan dalam kemasan, kertas juga digunakan untuk media koordinator dalam media cetak.

Alat Pengukur Ketebalan Kertas

Kertas sendiri berbentuk struktur lembaran yang terbuat dari bahan tambahan dengan fungsi tertentu dengan pulp sebagai bagian terbesar kertas. Sedangkan bahan lain tambahan hanya sedikit karena digunakan hanya untuk mendapatkan sifat tertentu. Untuk mendapatkan kertas yang sesuai dengan jenis yang diperlukan maka perlu dilakukan pengujian terhadap kertas tersebut.

Kertas juga sering digunakan sebagai pembungkus utama, namun cara atau proses pembuatan yang berbeda menyebabkan kekuatannya berbeda pula. Kekuatan kertas ini ditentukan dari ketahanannya terhadap air dan minyak. Berdasarkan jenisnya sendiri, kertas dibagi menjadi beberapa macam yaitu :

  • kertas glasin atau perchment wax paper carton
  • Manila chippboard
  • Kertas dengan kualitas istimewa seperti warna putih sangat kuat, tidak mengkerut, tahan terhadap perubahan kelembaban dan kimia
  • Kertas pelapis PE

Sifat kertas yang sensitif terhadap air dan mudah dipengaruhi kelembabannya oleh udara lingkungan merupakan salah satu kelemahan kertas dalam membungkus bahan pangan. Oleh karena itu diperlukan perlakuan tambahan pada proses pembuatannya agar kertas dapat digunakan untuk membungkus bahan pangan.

Kemasan kertas merupakan kemasan yang tidak bersifat fleksibel atau kemasan kaku, namun jenis kertas tergantung pada prosesnya. Akan tetapi jenis kertas yang fleksibel merupakan jenis kertas yang tahan lama dan membutuhkan proses khusus dalam pembuatannya.

Penggunaan kertas untuk kemasan juga harus memastikan ketebalannya sesuai atau sama, hal ini bertujuan untuk memperkecil variasi yang timbul pada setiap operasi pembuatannya. Sebagai contoh bila kertas akan diberi tambahan dekorasi warna, mengingat alat pencetak warna hanya bekerja untuk ketebalan tertentu saja. Ketebalan kertas akan mempengaruhi bekerjanya mesin pengawas dengan kecepatan tinggi, oleh karena itu penting untuk melakukan pengukuran ketebalan kertas.

Disini diperlukan sebuah alat pengukur ketebalan kertas atau thickness meter khusus untuk benda seperti kertas. Pengukuran tersebut dilakukan secara berulang kali pada beberapa sudut dan arah untuk menjaga keseragaman pengemas, terutama disepanjang lebar kertas. Ketebalan kertas yang seragam juga akan menentukan kualitas dari kemasan produk tersebut.

Tags: