Alat Ukur Getaran Vibration Meter

Alat Ukur Getaran Vibration Meter – Sebelum kita membahas apa itu vibration meter pertama kita akan membahas apa itu Vibrasi. Vibrasi sendiri memiliki arti secara umum yaitu getaran, bila diartikan lebih luas lagi maka getaran ini dapat diartikan sebagai suatu getaran yang berasal dari mesin / benda atau yang secara umum disebut dengan Mechanical Vibration.

Alat Ukur Getaran Vibration Meter

Mechanical Vibration sendiri dapat memiliki arti yaitu sebagai suatu gerakan bolak balik dari mesin / benda sebagai suatu reaksi yang dihasilkan dari suatu gaya dalam ataupun gaya luar.

Vibration Meter adalah suatu alat uji getaran yang memiliki fungsi sebagai alat untuk mengukur getaran suatu benda sebagai contohnya adalah getaran dari sepeda motor, pompa, screen atau benda lainnya yang memiliki getaran yang diutamakan dalam dunia industri. Produk ini bekerja dengan menempelkan vibration sensor atau magnetic base-nya ke benda / mesin yang akan diuji atau diukur.

Maka kemudian magnetic base akan mengirimkan data melalui kabel kepada unit pembaca dan dengan demikian Vibration Meter akan menampilkan nilai nilai dari seberapa kuatnya getaran yang ada pada mesin atau benda tersebut. Sehingga dengan nilai tersebut dapat menentukan suatu tindakan untuk penyetelan atau sudah masuk diambang batas yang sudah ditentukan sebelumnya.

Perlunya melakukan control dan analisa getaran pada suatu benda lebih baik dilakukan secara berkala, maka sesuatu yang tidak bekerja dengan normal pada mesin dapat terdeteksi dengan mesin sebelum terjadinya kerusakan besar terjadi. Dengan melakukan rutinitas check benda secara berkala dengan alat ukur getaran vibration meter ini dapat menjadi suatu alat yang safety untuk karyawan atau pekerja dari bahaya getaran yang tinggi.

Secara umum semua objek yang ada dalam muka bumi ini bergetar, benda benda yang ada disekitar kita pun dapat bergetar. Vibration Meter adalah sebuah alat yang mampu menguji getaran dengan akurat dan tepat sehingga pengukuran getaran dapat dilakukan dengan menggunakan Vibration Meter.

Dalam melakukan pengukuran getaran dapat dilakukan oleh alat Vibration Meter dengan nilai batas yang disesuaikan nilai batas tersebut dengan nilai yang sudah ditentukan sebelumnya, Nilai standar biasanya ditentukan oleh keputusan dari Menteri Tenaga Kerja.

Tags: