Bahan – Bahan Pembuat Jam Tangan

Bahan – Bahan Pembuat Jam Tangan – Jam tangan merupakan salah satu aksories atau fashion yang berguna untuk menunjukkan waktu. Namun seiring perkembangan jaman maka jam tangan juga bertambah fungsinya yaitu untuk menambah modis style kita.

Bahan - Bahan Pembuat Jam Tangan

Jam tangan ini juga memiliki harga yang sangat bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga ratusan juta. Semakin mahal suatu jam tentu materialnya terbuat dari bahan – bahan berkualitas nomer wahid. Apakah Anda tahu terbuat dari material apa saja jam – jam tersebut dan juga jam yang Anda pakai? Berikut adalah sedikit bahasan mengenai material pembuat jam tangan :

1. Kaca kristal

Bahan kristal merupakan bahan yang paling banyak digunakan sebagai kaca jam tangan pada masa sekarang ini. Kristal ini merupakan bahan yang dapat dibuat dari berbagai material yang sudah dikenal sejak dahulu. Saat ini, kaca mineral (mineral glass) dan dasar kristal safir (synthetic sapphire crystals) merupakan bahan atau material yang paling banyak digunakan untuk membuat kaca kristal.

Dibanding dengan kaca yang berbahan dasar kristal safir maka kaca dengan bahan dasar mineral ini memiliki harga yang relatif lebih murah. Kaca dengan bahan dasar dari safir ini mempunyai ketahanan terhadap goresan yang lebih kuat dibanding dengan kaca mineral atau singkatnya kaca ini memiliki anti gores yang lebih baik.

Namun kaca mineral juga memiliki keunggulan yaitu apabila terjadi tumbukan dengan benda keras maka kaca mineral tidak akan hancur atau pecah namun hanya membentuk retakan – retakan saja. Berbeda dengan kaca berbahan safir akan lebih mudah pecah bila terjadi tumbukan dengan bahan yang keras. Anda dapat mengukur kekuatan kaca jam tangan ini menggunakan alat ukur kekerasan kaca atau hardness tester yang dirancang untuk kaca.

Kaca dengan bahan dasar crystal safir biasa digunakan untuk membuat jam dengan kualitas yang baik karena memiliki tingkat ketebalan kaca yang tinggi. Hal ini akan mengurangi resiko pecah namun juga memiliki tingkat anti gores yang baik.

2. Solid metal construction

Bagi para pecinta dan pengoleksi jam tangan pasti sudah tahu bahwa jam dengan bahan all solid metal construction adalah jam tangan yang memiliki kualitas yang baik. Bahan stainless stell dengan grade 316L biasa digunakan untuk membuat jam tangan dengan kualitas baik. Biasanya pabrikan jam menggunakan bahan yang berkualitas dibawahnya untukmenghemat biaya produksi. Bagi Anda yang akan membeli jam tangan maka lihatlah semua bagian dari jam tangan yang akan dibeli. Lihat dan pastikan tidak ada bagian yang terbuat dari bahan lain seperti plastik ataupun bahan non stainless stell lainnya terdapat pada jam tangan Anda.

3. Mesin penggerak jam tangan (Mechanical movement)

Bagian ini merupakan bagian terpenting dari jam tangan dan ada dua negara yang paling terkenal dalam memproduksi bagian ini yaitu Swiss dan Jepang. Mesin penggerak jam tangan dari Swiss hampir sebagian besar berasal dari pabrikan ETA dan Ronda. Sedangkan di Jepang pabrikan pembuat mesin jam berasal dari Seiko, Citizen, dan Casio. Apabila Anda akan membeli jam pastikan Anda membeli jam dengan mesin penggerak yang dibuat oleh kedua negara tersebut. Hindari jam tangan dengan mesin penggerak yang terbuat dari China karena biasanya akan memiliki daya tahan yang rendah dan kualitasnya belum diakui oleh dunia.

Tags: