Benda Tipis Lebih Kuat dari Baja

Benda Tipis Lebih Kuat dari Baja – Hidrogel merupakan benda yang seperti kristal yang tersusun dari rantai polimer hidrofilik dengan kemampuan untuk menyerap air hingga 90%. Hidrogel sendiri merupakan bahan baku yang dapat digunakan untuk membuat berbagai benda seperti halnya pembalut luka sampai soft robot, namun dengan penggunaan hidrogel masih terbatas karena ketahanannya yang dianggap kurang kuat.

Benda Tipis Lebih Kuat dari Baja

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan tim peneliti dari Universitas Hokkaido telah berhasil mengembangkan seperangkat komposit hidrogel baru. Hidrogel baru ini mereka menyebutnya sebagai “komposit ringan yang diperkuat serat.”

Komposit tersebut menggabungkan hidrogel dan serat kaca untuk membuat suatu bahan yang mempunyai ketahanan hingga sekitar lima kali lebih kuat bahkan dari pada sebuah baja karbon.

Pembuatan hidrogel berlapis serat menggunakan prinsip yang sederhana yaitu seperti lumpur yang dibuat agar lebih kuat dengan menambahkan jerami sebagai bahan campurannya. Gambaran lainnya adalah seperti mencampurkan serpihan tembikar pada batu bata atau dapat juga dengan menambahkan pecahan kerang pada keramik.

Saking tipisnya benda ini akan sangat sulit untuk diukur seberapa ketebalannya, tetapi anda bisa menggunakan alat ukur ketebalan atau Thickness Meter untuk mengukurnya dengan sangat sesuai dan sangat akurat hasilnya.

Sama halnya dengan hidrogel yang sebenarnya tidak terlalu kuat, namun bila ditambahkan dengan serat kaca halus maka akan dapat menciptakan suatu bahan yang bersifat kuat akan tetapi memiliki sifat elastis.

Para peneliti juga mengungkapkan bahwa bahan komposit hidrogel ini bersifat sangat kuat, hal itu dikarenakan adanya ikatan ionik dinamis antara serat dan hidrogel dan juga ikatan dalam hidrogel itu sendiri. Pada uji coba guna menghancurkan gel poliampolit dan serat kaca berdiameter 10 μm, bahan – bahan itu ternyata 25 kali lebih powerful dari serat kaca. Ternyata bahan tersebut juga mempunyai kekuatan 100 kali lebih kuat dari hidrogel dan lima kali lebih kuat dari baja karbon.

Selain itu hidrogel yang 40% bahannya adalah air juga bersifat ramah lingkungan dan bahan tersebut sangat bermanfaat karena ketahanan dan kelenturannya dan banyak digunakan dalam bidang mode dan manufaktur. Material tersebut juga dapat digunakan di bidang kesehatan sebagai bahan dasar ligamen dan tendon buatan karena tahan menahan beban yang kuat.

Tags: