Cara Mengatasi Nyeri Haid

Cara Mengatasi Nyeri Haid – Saat haid, tidak hanya mengalami perubahan emosi yang sangat drastis, wanita juga kerap merasa kembung dan nyeri pada bagian perut bawah yang disebut dengan dysmenorrhea.

Cara Mengatasi Nyeri Haid

Dysmenorrhea kerap membuat para wanita merasa tidak nyaman saat menjalankan aktivitas. Bagi Anda yang kerap mengalami dysmenorrhea ini saat haid, ada cara mengatasi nyeri haid atau dysmenorrhea yang dapat Anda lakukan dengan mudah dan tidak menyita waktu.

Cara ini dapat mengatasi masalah nyeri ringan sampai sedang yang sering dialami wanita saat sedang dalam masa haid. Dengan mengetahui cara mengatasinya, Anda dapat melakukan antisipasi terhadap rasa nyeri yang muncul. Dengan demikian, Anda dapat menjalankan aktivitas dengan nyaman walaupun sedang haid.

Lalu, bagaimana caranya? Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

1. Olahraga ringan atau melakukan aktivitas fisik sederhana
Cara mengatasi nyeri haid yang pertama adalah dengan melakukan olahraga ringan atau membiarkan tubuh beraktivitas. Jika perut Anda terasa kram atau kaku, jangan hanya duduk atau tidur saja, hal tersebut justru dapat membuat perut semakin kaku dan kram.

Jalan kaki dapat menjadi salah satu aktivitas ringan yang dapat mengatasi masalah nyeri saat haid. Selain jalan kaki, Anda juga dapat melakukan banyak olahraga ringan lainnya seperti jogging, naik turun tangga, dan aerobik sesuai kemampuan tubuh Anda.

Olahraga ringan dapat membantu melancarkan peredaran darah. Selain itu, tubuh juga akan menghasilkan hormon endorfin. Kehadiran hormon ini menjadi penyeimbang hormon prostagladin yang membuat rasa nyeri menjadi berkurang.

2. Hindari minuman dan makanan yang membuat nyeri haid semakin parah
Cara mengatasi nyeri haid yang kedua adalah dengan menghindari makanan yang
dapat memicu semakin parahnya rasa nyeri.

Ternyata memang ada makanan yang membuat rasa nyeri semakin menjadi saat sedang mengalami menstruasi atau haid. Makanan dan minuman apa saja itu? Yang pertama adalah makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi, cokelat, dan teh.

Selain itu, makanan yang mengandung lemak tinggi juga dapat menjadi pemicu. Alkohol serta minuman yang mengandung soda juga harus Anda hindari agar tidak memperparah rasa nyeri yang Anda derita.

Sebaliknya, mengkonsumsi minuman hangat dari chamomile dan jahe dapat membuat perut Anda menjadi lebih relax. Anda juga bisa mengkonsumsi lemon hangat untuk meredakan rasa nyeri.

3. Asupan vitamin D dan kalsium
Cara mengatasi nyeri haid yang terakhir adalah dengan mencukupi kebutuhan vitamin D dan kalsium. Menurut penelitian, vitamin D memiliki peran sebagai penghambat prostagladin yang menjadi penyebab nyeri sehingga nyeri haid dapat berkurang.

Asupan yang tepat dapat membantu Anda mengurangi rasa nyeri. Selain vitamin D, ada juga kalsium yang dapat meredakan nyeri saat haid. Mengkonsumsi makanan dan minuman berkalsium seperti susu, yogurt, dan keju rendah lemak dapat mengurangi rasa nyeri saat haid tiba.

Nah, itu tadi cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi rasa nyeri saat datang bulan tiba. Bagi Anda yang ingin mengatasi rasa nyeri saat haid tanpa obat, Anda bisa menggunakan cara di atas. Cara mengatasi nyeri haid tersebut sangat mudah dilakukan di mana saja.

Namun, jika cara di atas tidak berhasil atau Anda mengalami rasa sakit yang tidak wajar, akan sangat baik jika Anda juga berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui apa yang sebenarnya menjadi penyebab rasa nyeri yang tidak tertahankan saat haid tiba.

Tags: