Cara Mengetahui Daging Sapi Segar

Cara Mengetahui Daging Sapi Segar – Daging sapi menjadi komoditas yang banyak diburu di pasaran, meskipun memiliki harga yang mahal namun makanan yang dibuat dari daging merupakan makanan yang diminati banyak orang.

Cara Mengetahui Daging Sapi Segar

Selain rasanya yang enak, kandungan gizi di dalam daging dapat memenuhi kebutuhan tubuh kita. Namun seringkali bila kita akan membeli daging di supermarket kita dibingungkan ketika akan memilih daging sapi yang masih segar dan yang sudah tidak segar.

Terlebih lagi banyak sekali bagian – bagian daging sapi yang kerap kali membuat kita bingung dalam memilihnya. Apabila kita salah memilih justru akan membuat makanan yang kita konsumsi justru menjadi tidak sehat.

Sebelum kita membeli daging, sebenarnya ada beberapa cara mengetahui daging sapi segar. Bagaimanakah cara tersebut, kita simak penjelasan di bawah ini :

1. Perhatikan warna daging

Apabila Anda akan membeli daging maka pertama – tama perhatikan warna dari daging yang akan Anda beli karena warna daging dapat menjadi indikator apakah daging tersebut masih segar atau sudah busuk. Bila daging yang akan Anda beli memiliki warna merah yang masih sangat segar sekali maka daging tersebut masih segar. Berbeda bila daging terlihat pucat dan kotor maka ada kemungkinan daging telah busuk.

2. Cium aroma daging

Hal kedua yang harus Anda perhatikan adalah dari aroma daging tersebut, daging segar akan tercium aroma khas daging segar berbeda dengan daging busuk yang akan tercium bau busuk atau bau amis. Apabila daging sudah tercium bau amis walaupun hanya sedikit lebih baik Anda tidak membeli daging tersebut karena daging sudah mulai busuk.

3. Lihat tekstur daging

Tekstur dari daging sapi juga menjadi indikator kesegaran daging, daging segar memiliki tekstur yang kenyal dan bila ditekan maka daging akan kembali ke bentuk semula. Hal ini karena serat yang ada pada daging masih belum rusak dan masih dalam keadaan baik. Namun bila daging yang Anda tekan terasa lembek, maka sebaiknya hindari membeli daging tersebut karena daging sudah mulai busuk.

4. Hindari membeli daging dalam keadaan beku

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa untuk mendapatkan daging dengan kualitas yang baik dan segar maka belilah daging dalam keadaan beku. Meskipun memiliki kondisi yang baik namun daging dalam keadaan beku memiliki tingkat kesegaran yang kurang. Namun bila Anda terpaksa harus membeli daging dalam keadaan beku maka hindari membeli daging yang memiliki bunga es. Hal ini karena daging yang memiliki bunga es merupakan daging yang sudah disimpan dalam waktu yang lama.

5. Hindari memilih daging berair

Kadar air di dalam daging juga menjadi indikator kesegaran daging, daging yang terlalu berair juga dikhawatirkan sebelum sapi disembelih sudah digelonggong lebih dulu. Dinas terkait biasa mengetahui kadar air daging menggunakan moisture meter khusus untuk daging. Anda juga tidak perlu khawatir bila daging mengeluarkan cairan kental seperti darah karena hal tersebut adalah sari daging sapi.

Tags: