Cara Mengetahui Kadar Air Pada Biji-Bijian

Cara Mengetahui Kadar Air Pada Biji-Bijian – Air merupakan salah satu komponen yang terkandung dalam bahan pangan karena air bisa mempengaruhi tekstur, rasa dan keawetan bahan pangan itu sendiri. Baik bahan pangan yang kering juga mengandung air dalam jumlah tertentu.

Cara Mengetahui Kadar Air Pada Biji-Bijian

Air yang terdapat pada hasil panen dalam bidang pertanian biasanya disebut kadar air. Kadar air dalam hasil pertanian digolongkan ke dalam 2 jenis antara lain:

1. Air Bebas

Air memiliki sifat yang aktif sampai-sampai kadar air ini dapat dengan mudah berakhir saat proses penguapan dan proses pengeringan.

2. Air Terikat

Yaitu air mempunyai sifat kadar air yang terikat dengan unsur lain yang terdapat pada bahan pangan tersebut, sehingga kadar air dengan jenis terikat ini sangat sulit untuk dikeluarkan melalui proses penguapan dan proses pengeringan.

Jadi air yang mempunyai jenis terikat dapat memberikan pengaruh kerusakan terhadap bahan pangan melalui proses kimia dan serangga, tetapi air yang mempunyai jenis tipe bebas tidak memberikan kerusakan pada bahan pangan.

Cara untuk memahami suatu kadar air pada bahan pangan yang termasuk biji-bijian, seringkali masyarakat masih menggunakan teknik yang tradisional yakni dengan teknik digigit atau di injak-injak. Atau bisa juga dengan cara-cara tradisional lainnya, karena faktor kebiasaan yang sudah lama berpengalaman pada bidang pertanian.

Padahal cara tersebut sangat tidak tepat untuk mengetahui kadar air pada biji-bijian, jika digigit akan berpengaruh kepada kesehatan, karena biji yang digigit sudah mengalami banyak proses sebelumnya yang terjadi di luar ruangan, hasilnya pun tidak cukup akurat karena andai kadar air pada biji-bijian lumayan tinggi maka akan dominan pada ketahanan bahan, kualitas tidak cukup bagus, munculnya jamur serta bakteri, dan yang lebih urgen harga di pasaran bakal turun sampai-sampai akan merasakan kerugian.

Oleh sebab itu seiring dengan kemajuan teknologi cukup berpengaruh karena saat ini sudah ada alat untuk mengukur kadar air pada biji-bijian, yaitu alat ukur kelembaban bijian. Dengan alat ini, Anda dapat mengetahui dengan tepat kadar air pada hasil panen Anda, sehingga kualitas dari hasil panen Anda akan terjaga dan juga untuk meminimalisir terjadinya kerugian.

Tags: