Cara Menghaluskan Batu Akik

Cara Menghaluskan Batu Akik – Batu akik merupakan salah satu perhiasan yang banyak diminati terutama oleh kaum laki – laki. Coraknya yang khas dan warnanya yang unik membuat batu ini banyak diminati.

Cara Menghaluskan Batu Akik

Batu akik inipun memiliki harga yang bervariasi mulai dari yang terjangkau hingga yang tergolong mahal. Salah satu faktor yang mempengaruhi harga batu akik adalah tingkat kekilapan atau kehalusan batu akik. Apabila batu akik semakin mengkilap karena halus maka harganya juga akan meningkat.

Para pengerajin batu akikpun punya banyak cara untuk menghaluskan batu akik mulai dari cara tradisional hingga modern. Cara tradisional memerlukan biaya yang lebih sedikit meskipun membutuhkan waktu yang lebih lama dan ketelitian ekstra.

Ada beberapa cara menghaluskan batu akik yang sering dilakukan oleh pengerajin maupun pecinta batu akik, berikut adalah beberapa cara tersebut :

1. Menggosok Batu Akik dengan Daun Pisang Kering

Cara ini tergolong sangat tradisional yang bahkan sudah dilakukan sejak zaman dahulu, namun menggosok batu akik menggunakan daun pisang kering masih banyak dilakukan hingga kini.

Tekstur dan kandungan yang terdapat pada daun pisang kering memang terbukti mampu menghaluskan batu akik dan membuatnya berkilau. Anda hanya perlu menggosoknya secara searah untuk membuat batu akik berkilau.

2. Menggosoknya dengan Kulit

Selain daun pisang kering, bahan seperti kulit hewan kering juga mampu menghaluskan bati akik. Kandungan minyak di dalam kulit hewan kering mampu menghaluskan batu akik, Anda bisa menggunakan dompet maupun jaket kulit untuk menghaluskannya. Kulit kering meskipun telah diolah sedemikian rupa namun tetap mengandung minyak meskipun dalam jumlah sedikit.

3. Menggosok Batu dengan Media Bambu

Mungkin akan terdengar aneh bila menggosok batu akik menggunakan bambu, namun cara ini juga sudah dilakukan sejak zaman dahulu. Tekstur batang bambu ternyata baik untuk membuat batu akik berkilau. Cara menghaluskan batu akik menggunakan bambu adalah sebagai berikut :

– Cuci bambu samapi bersih kemudian jemur lebih dahulu bambu yang akan digunakan untuk menggosok batu akik hingga kering
– Gosok batu akik ke permukaan bambu dengan halus dan jangan terlalu keras
– Gosoknya secara searah dengan diulang secara terus – menerus
– Sebaiknya jangan terlalu sering menghaluskan batu akik menggunakan cara ini karena batu akan mudah terkikis, cukup seminggu atau bahkan sebulan sekali saja

4. Menggosok Batu Akik Menggunakan Amplas / Kertas Pasir

Cara ini merupakan cara yang paling umum dan banyak digunakan, gunakan kertas amplas yang memiliki ukuran 1200 atau 1500 karena ukuran tersebut adalah yang paling sesuai.

Namun bila Anda merasa ragu dan takut merusak batu akik Anda maka Anda dapat menggunakan kertas amplas yang berukuran paling kecil. Gosoklah secara searah secara terus menerus untuk menghaluskan batu akik.

Biasanya setelah halus maka kita sendiripun dapat menilainya menggunakan mata kita, namun biasanya para pengerajin profesional akan lebih memastikan kehalusan batu akik menggunakan bantuan alat ukur kekasaran permukaan suatu benda atau roughness tester.

Alat ukur tersebut mampu mengukur tingkat kehalusan permukaan suatu benda dengan akurat yang tentunya hal tersebut akan sangat berhubungan dengan kilau yang dihasilkan batu akik tersebut.

Tags: