Cara Menghilangkan Sakit Gigi

Cara Menghilangkan Sakit Gigi – Sakit gigi adalah salah satu penyakit yang ditakuti karena rasa nyerinya yang kerap tidak tertahankan. Saat sakit gigi melanda, kita akan kesulitan melakukan aktivitas dengan normal karena rasa nyerinya yang sangat mengganggu.

Cara Menghilangkan Sakit Gigi

Tidak harus menggunakan obat dokter, sakit gigi dapat diredakan sementara dengan menggunakan cara mudah. Cara menghilangkan sakit gigi ini dapat dijadikan sebagai pertolongan pertama meringankan rasa sakit yang diderita sehingga Anda dapat beraktivitas dengan lancar.

Penanganan oleh dokter gigi nantinya juga tetap diperlukan untuk mengetahui penyebab sakit gigi dan untuk mencegah rasa sakit gigi datang kembali. Berikut adalah 3 cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan rasa sakit pada gigi Anda dengan menggunakan bahan alami yang dapat dengan mudah Anda temukan di rumah.

1. Minyak cengkeh
Cara menghilangkan sakit gigi pertama adalah dengan menggunakan minyak
cengkeh. Minyak cengkeh yang dapat Anda gunakan adalah minyak cengkeh komersialyang dapat dengan mudah Anda temukan di apotek ataupun toko makanan.

Cengkeh merupakan jenis rempah yang dapat dengan mudah digunakan, begitu pula dengan minyaknya. Walaupun minyak satu ini dapat dengan mudah ditemukan, namun, Anda juga bisa membuat minyak cengkeh Anda sendiri. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu merendam 30 ml dengan cengkeh 10 batang.

Tempatkan pada botol yang terbuat dari kaca dan diamkan dalam kurun waktu 2 minggu. Cengkeh memiliki zat eugenol yang memiliki sifat antibakteri serta anastesi sehingga dapat meredakan nyeri yang disebabkan karena sakit gigi.

Penggunaannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mencelupkan bola kapas ke dalam minyak, kemudian letakkan pada gigi yang sakit. Gigit kapas tersebut sampai beberapa saat.

2. Air garam
Cara menghilangkan sakit gigi yang kedua adalah dengan menggunakan larutan
garam. Cara ini menjadi salah satu cara yang termudah dilakukan dan cukup efektif dalam menangani sakit gigi.

Larutan garam memiliki sifat anti bakteri sehingga dapat mengurangi rasa nyeri dengan cepat. Cara membuatnya cukup mudah, Anda hanya perlu melarutkan garam sebanyak setengah sendok teh ke segelas air gunakan larutan tersebut untuk berkumur beberapa kali dalam sehari.

Lakukan kumur beberapa detik sebelum dibuang. Anda dapat menggunakan garam dapur yang ada di rumah Anda. Cara ini menjadi cara yang mudah dilakukan karena setiap rumah tentunya menyediakan garam untuk berbagai keperluan.

3. Kompres
Cara menghilangkan sakit gigi yang ketiga adalah dengan melakukan kompres.
Kompres dapat menjadi salah satu cara meringankan nyeri. Lakukan pengompresan dengan menggunakan air dingin atau es batu. Caranya, ambil es batu dan bungkus dalam handuk atau tempat kompres.

Setelah itu, tempelkan handuk atau tempat kompres pada bagian pipi dekat dengan area sakit gigi. Anda bisa mengombinasikan teknik pengompresan dengan mengkonsumsi obat pereda nyeri. Anda juga bisa mengombinasikan pengompresan dengan teknik penghilangan rasa sakit lainnya seperti dengan penggunaan air garam dan penggunaan minyak cengkeh.

Cara di atas adalah cara yang mudah untuk meredakan nyeri yang disebabkan karena sakit gigi. Selain cara di atas, mengkonsumsi obat pereda nyeri dapat menjadi cara menghilangkan sakit gigi yang ampuh. Mengkonsumsi obat pereda nyeri dapat menjadi solusi cepat mengatasi sakit gigi.

Anda harus ingat bahwa cara di atas merupakan cara yang digunakan untuk meredakan. Untuk mencegah timbulnya kembali rasa sakit, Anda harus melakukan pengecekan ke dokter dan mengatasi penyebab utama sakit gigi tersebut.