Cara Mengolah Tembakau

Cara Mengolah Tembakau – Negara kita merupakan salah satu penghasil tembakau yang terbesar di dunia, oleh karena itu cara pengolahan tembakau yang baik sangat diperlukan oleh petani tembakau kita.

Cara Mengolah Tembakau

Proses pengolahan ini meliputi proses panen hingga pasca panennya guna menjaga kualitas tembakau tetap baik hingga dipasarkan. Secara singkat berikut adalah cara pengolahan tembakau yang baik :

Cara Pemetikan :

Untuk pemetikan sendiri ada dua macam cara yaitu pemetikan dengan cara biasa (reaping) atau tebang batang (stalk cutting). Dari namanya saja kita sudah tahu bahwa proses reaping dilakukan dengan hanya memetik daunnya saja, sedangkan stalk cutting dengan memotong daun dan batang pada pangkal batangnya.

Selain itu waktu pemetikan juga akan mempengaruhi kualitas tembakau yang dipetik. Waktu pemetikan pada pagi hari merupakan waktu yang paling baik dibandingkan siang dan sore hari.

Sortasi Pendahuluan :

Proses sortasi atau pemisahan ini dilakukan untuk memisahkan daun tembakau yang masih terlalu muda, kurang tua, tua dan rusak. Proses ini dilakukan untuk memudahkan dalam proses pengeringan, grading dan menentukan harga jualnya.

Pengeringan (Curing) ;

Proses pengeringan ini bertujuan mengurangi kadar air daun tembakau antara 80 – 90%. Proses aging biasanya terjadi selama pengeringan. Proses ini merupakan proses pembentukan warna dan pengeringan. Pada normalnya pengeringan ini dilakukan selama kurang lebih 22 hari.

Dalam proses ini petani biasanya akan menggunakan alat ukur kadar air atau moisture meter untuk memastikan kadar air daun tembakau kering sudah sesuai.

Pengemasan :

Daun tembakau yang sudah kering kemudian akan dikumpulkan di karung – karung untuk kemudian akan disetorkan ke pabrik – pabrik pembuatan rokok. Tembakau ini tentu telah disortir berdasarkan kualitasnya untuk menentukan harga jualnya.

Demikian adalah cara pengolahan tembakau yang baik, namun gambaran di atas adalah cara sederhana yang dapat dijelaskan disini. Tentu dalam prakteknya proses pengolahan daun tembakau ini tidak semudah itu.

Proses pengolahan daun tembakau tentu berbeda – beda tergantung jenis tembakau yang diolah dan kualitas yang ingin dihasilkan nantinya dan banyak faktor lainnya tentunya.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *