Ciri Ciri Batu Permata Asli

Ciri Ciri Batu Permata Asli – Batu permata merupakan salah satu batu mulia dengan harga yang tinggi. Karenanya banyak oknum penjual nakal yang memalsukan batu permata. Harga yang tinggipun tidak bisa menjamin keaslian batu permata yang Anda beli.

Ciri Ciri Batu Permata Asli

Bagi orang awam mungkin akan kesulitan membedakan antara batu permata yang asli dan palsu karena secara sepintas hampir tidak ada bedanya. Namun bila diperhatikan dengan lebih jeli lagi batu permata asli mempunyai ciri khusus yang tidak dapat ditemui di batu permata palsu. Lalu apa sajakah ciri ciri batu permata asli tersebut, mari kita simak penjelasan berikut :

Serat Alami
Proses geologis merupakan proses alami dari terbentuknya batu permata dan karena sebab inilah bila batu permata asli diterawang maka akan menampakkan serat – serat alami batuan. Bila batu permata diterawang namun terlihat bening seperti kaca maka dapat dipastikan batu tersebut palsu.

Untuk lebih jelas Anda dapat menyorotkan senter di bawah batu permata dan meletakkan kaca pembesar di atasnya. Batu permata asli akan menampakkan serat – serat batuan alami namun bila batu menampakkan gelembung – gelembung kecil maka dapat dipastikan bahwa batu tersebut adalah palsu.

Keras
Batu permata asli merupakan batu yang keras karena tingkat kepadatannya yang tinggi karenanya batu permata asli dapat menggores benda – benda lain dengan mudah. Cara sederhana untuk mengujinya adalah dengan menggigitnya, bila batu permata tersebut palsu maka akan terdapat bekas gigitan Anda, namun hal ini mungkin sebaiknya tidak dilakukan karena bila batu tersebut memang palsu dan tergores Anda mungkin harus tetap membayarnya.

Cara lain yang lebih aman untuk menguji batu permata adalah menggunakan alat ukur kekerasan atau hardness tester. Karena tergolong batu yang keras maka nilai kekerasan yang ditunjukkan oleh alat ini akan menunjukkan nilai yang besar pula. Bahkan beberapa jenis batu mulia hampir dapat mencapai nilai 10 dalam skala mohs.

Dingin
Suhu batu permata juga dapat menjadi indikator keaslian batu permata, batu permata asli apabila ditempelkan di kulit maka akan terasa dingin. Batu permata asli juga tahan terhadap panas maupun dingin dan tidak mudah rusak karena suhu. Berbeda dengan batu permata palsu yang mudah rusak dengan pengaruh suhu yang sedikit ekstrim.

Berat Jenis
Batu permata asli juga dapat diketahui dengan menguji berat jenisnya dimana berat jenis batu permata asli lebih tinggi dibandingkan dengan yang palsu. Bila Anda mempunyai batu permata asli Anda dapat membandingkan batu permata yang akan dibeli dengan yang Anda punya. Bila keduanya mempunyai berat yang sama maka batu yang akan Anda beli asli.

Indeks Bias
Batu permata asli juga mempunyai indeks bias yang tinggi dan tidak tembus pandang. Anda dapat mengujinya dengan menaruh batu permata di atas koran, apabila tulisan koran tidak dapat terbaca dengan jelas maka batu permata tersebut asli, namun bila tulisan terbaca dengan jelas maka batu tersebut palsu.

Demikian adalah beberapa cici ciri batu permata asli yang dapat menjadi referensi bagi Anda yang akan membeli batu permata. Lebih bijaklah dalam membeli agar tidak terkecoh membeli batu permata yang palsu.

Baca Juga : Cara Menghaluskan Batu Akik

Incoming search terms:

  • Ciri batu mulia
  • ciri ciri batu permata
  • ciri ciri batu permata berkualitas
  • ciri2 batu permata
  • ciri2 permata asli
  • serat serat batu mulia dan jebis nya

Tags: