Ciri Tanah Yang Subur

Ciri Tanah Yang Subur – Tanah merupakan media yang penting dan utama bila kita akan menanam tanaman karena tanah menjadi media hidupnya. Tanah yang subur akan menjadikan pertumbuhan tanaman optimal dan hasil yang maksimal.

Ciri Tanah Yang Subur

Banyak faktor yang mempengaruhi kesuburan tanah pada suatu wilayah, namun tanah yang subur dapat diketahui dengan melihat pertumbuhan tanaman yang tumbuh di atasnya. Tanah yang subur juga mempunyai ciri – ciri sebagai berikut :

1. Memiliki Lapisan Humus Tebal

Tanah yang subur dapat diketahui dengan mengetahui ketebalan lapisan humus tanah atau yang biasa disebut bunga tanah. Tanah yang mengandung lapisan humus yang tebal maka tanah tersebut dikategorikan sebagai tanah yang subur. Hal ini karena humus akan diserap oleh tanaman untuk keperluan proses fotosintesianya sebagai bahan baku.

Dengan lapisan humus yang tebal juga menandakan sistem drainase pada lahan tersebut berjalan dengan baik, humus yang tebal juga akan meningkatkan daya hisap tanah terhadap air. Hal ini karena lapisan humus yang tebal akan membuat tanah mempunyai banyak rongga sehingga akan memudahkan air untuk meresap.

2. Memiliki PH Yang Netral

Tanah yang subur juga merupakan dengan nilai pH / derajat keasaman yang netral. Tingkat pH yang baik untuk tanah adalah sekitar 6 – 8 pH atau yang lebih optimalnya pada kisaran 6,5 – 7,5 pH.

Tanah dengan pH yang netral juga menjadikan pertanda bahwa tanah tersebut juga mengandung bahan kimiawi yang seimbang untuk pertumbuhan tanaman. Nilai pH tanah dapat diukur menggunakan alat yaitu soil pH meter.

Jual pH Meter Tanah & Air

Oleh karena itu bila tanah yang akan digunakan untuk budidaya terlalu asam maka akan dinetralkan lebih dahulu dengan proses pengapuran. Sama halnya dengan tanah yang terlalu basa dengan pH lebih dari 8 maka perlu dinetralkan dengan cara diberi Sulfur atau belerang.

Pupuk ZA (Amonium Sulfat) merupakan pupuk yang mengandung zat tersebut. Tanah dengan pH yang netral akan membuat ion – ion unsur hara mudah untuk diserap tanaman dan menjaga perkembangan mikroorganisme di dalam tanah.

3. Memiliki Tekstur Lempung

Tanah yang subur juga mempunyai tekstur yang lempung, tekstur ini berfungsi untuk menjaga mineral agar tidak larut terbawa air. Tanah lapisan tengah biasanya mengandung lempung yang sesuai, selain itu juga memiliki kandungan pasir yang mencukupi.

Hal ini memungkinkan sistem srainase berjalan dengan baik dan air mudah untuk diserap oleh tanah.

4. Kaya Dengan Biota Tanah

Tanah yang subur juga ditandai dengan adanya makhluk hidup berukuran kecil yang hidup di dalamnya. Adanya mikroorganisme juga menjadi tanda tanah mempunyai unsur organik yang dibutuhkan oleh makhluk hidup.

5. Dapat Ditumbuhi Berbagai Macam Tanaman

Sama seperti peribahasa ada gula ada semut, maka tanah yang subur juga mudah untuk ditumbuhi oleh berbagai macam tanaman. Tanaman yang mudah tumbuh pada sebuah tanah maka tanah tersebut akan dikatakan subur. Walaupun ada jeis tanaman yang tumbuh hanya pada daerah dan kondisi tertentu.