Dampak Perubahan Iklim Bagi Kehidupan

Dampak Perubahan Iklim Bagi Kehidupan – Iklim di bumi merupakan suatu proses yang terbentuk selama jutaan bahkan milyaran tahun. Secara alami iklim yang ada di bumi tidak dapat berubah begitu saja, namun kini bencana perubahan iklim global menjadi masalah bersama setiap bangsa.

Dampak Perubahan Iklim Bagi Kehidupan

Pemanasan global dianggap sebagai biang keladi dari perubahan iklim yang sedang terjadi. Ini merupakan masalah serius karena dampaknya akan berimbas pada berbagai bidang termasuk kehidupan kita. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa dampak perubahan iklim bagi kehidupan :

1. Sarana Prasarana Menjadi Rusak

Seperti yang kita ketahui bahwa perubahan iklim ini menjadi penyebab dari adanya cuaca ekstrim yang dapat mengundang bencana. Apabila bencana seperti tanah longsor, badai angin topan dan banjir sudah terjadi maka sudah bisa dipastikan akan ada banyak sarana prasarana dan infrastruktur yang rusak. Ini tentu adalah sebuah kerugian bagi kita semua sebagai sebab dari adanya perubahan iklim.

2. Merebaknya Wabah Penyakit

Perubahan iklim yang sedang terjadi juga dapat menjadi penyebab merebaknya berbagai wabah penyakit khususnya untuk penyakit yang berhubungan dengan pernafasan. Hal ini karena perubahan iklim juga dapat menyebabkan polusi udara yang pada akhirnya dapat menurunkan fungsi paru – paru dan tentunya ini sangat merugikan bagi kehidupan kita di dunia ini.

3. Kekeringan dan Kekurangan Sumber Air

Sebagai makhluk hidup kita sangat membutuhkan air untuk menunjang kehidupan kita. Dengan adanya perubahan iklim seperti panas berkepanjangan ditambah dengan penyedotan air secara berlebihan membuat kekeringan melanda di banyak daerah. Mengingat pentingnya air dalam kehidupan kita tentu krisis kekeringan ini harus segera diatasi bila tidak ingin bertambah parah.

4. Bencana Alam

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa perubahan iklim ini dapat menyebabkan bencana yang tidak hanya menyebabkan kerusakan infrastruktur namun juga dapat menimbulkan korban jiwa. Selain itu perubahan iklim juga mengakibatkan cuaca ekstrim dan turun hujan deras yang semakin sulit diprediksi bahkan menggunakan peralatan canggih seperti satelit dan weather station / pengukur cuaca.

5. Harga Pangan Semakin Meningkat

Imbas lain dari perubahan iklim adalah kenaikan harga pangan, ini tentu sangat menyusahkan karena pangan merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi. Hal ini dapat terjadi karena iklim yang tidak menentu hingga panas yang berkepanjangan dapat menyebabkan gagal panen sehingga stok kebutuhan pangan kita menurun sehingga menyebabkan harganya melambung tinggi.

6. Udara Semakin Tidak Sehat

Hal ini juga masih terkait dengan timbulnya berbagai wabah penyakit karena polusi udara yang semakin tinggi akan menyebabkan berbagai masalah pernafasan. Perubahan iklim, global warming, pertumbuhan penduduk semakin meningkatkan permintaan akan energi, sedangkan kita tahu bahwa energi dihasilkan dari bahan bakar fosil yang notabene mengeluarkan emisi gas berupa karbon dioksida yang menyebabkan pemanasan global.

Tags: