Daun Ciplukan

Daun ciplukan selama ini memang hanya dikenal sebagai tanaman yang kecil dan tidak berguna. Namun, siapa sangka ternyata ada banyak manfaat daun ciplukan bagi kesehatan, baik untuk mengobati penyakit ringan maupun penyakit berat.

Daun Ciplukan

Hal ini bukan tanpa sebab, namun karena pada daun ciplukan ini dapat digunakan menjadi obat alami dengan diolah dengan cara-cara tertentu. Berikut adalah beberapa kegunaan dari daun ciplukan dalam mengobati aneka penyakit.

1. Mengobati Flu
Daun ciplukan bisa diolah sebagai obat penyakit flu. Caranya adalah dengan memotong-motong daun menjadi bagian-bagian kecil, rebus menggunakan air hingga mendidih lalu minum air rebusannya sampai sembuh.

2. Mengobati Radang Tenggorokan
Manfaat daun ciplukan berikutnya ialah mengobati radang tenggorokan yang biasa menyerang anak-anak maupun orang dewasa. Minum air rebusan daun ciplukan sebagaimana cara mengobati flu di atas akan turut mengobati radang tenggorokan. Cara ini juga termasuk cara alami yang dapat dilakukan.

3. Mengobati Pertusis
Pertusis atau disebut pula batuk rejan dapat diringankan serta disembuhkan berkat daun ciplukan. Kandungan yang ada dalam daun ciplukan akan bisa meredakan batuk rejan secara alami dan bertahap agar tak kembali lagi.

4. Mengobati Gondongan
Manfaat lain dari daun ciplukan ialah meredakan radang sehingga akan turut mengurangi nyeri, misalnya pada penderita gondongan. Gondongan sendiri adalah pembengkakan yang terjadi pada kelenjar partosis di bawah leher akibat radang. Nyeri pada penderita gondongan juga bisa diringankan menggunakan daun ciplukan.

5. Mengobati Bisulan
Manfaat daun ciplukan berikutnya ialah mengobati bisulan yang ada pada kulit. Oleskan air rebusan daun ciplukan ini pada bisul yang meradang. Pastikan tangan dalam kondisi bersih saat mengoleskan air rebusan.

6. Mempercepat Pengeringan Borok
Penderita sakit borok akan dapat memanfaatkan daun ciplukan guna mempercepat proses pengeringannya. Tumbuk daun ciplukan lalu oleskan pada borok yang masih meradang.

7. Mengobati Kencing Manis
Manfaat daun ciplukan juga bisa mengobati aneka penyakit yang terbilang cukup berat. Salah satunya ialah diabetes atau kencing manis. Minum air rebusan daun ciplukan sudah cukup bermanfaat dalam mengobati kencing manis agar segera sembuh.

8. Mengurangi Paru-paru Basah
Air rebusan daun ciplukan terbukti memiliki berjuta manfaat, salah satunya ialah mengobati paru-paru basah. Konsumsi secara teratur akan dapat membantu mengurangi masalah kesehatan satu ini.

9. Mengurangi Resiko Epilepsi
Konsumsi air rebusan daun ciplukan juga akan dapat mengurangi resiko epilepsi. Mereka yang menderita penyakit ini akan bisa diringankan penyakitnya atau bahkan disembuhkan sepenuhnya jika mengonsumsi rutin rebusan daun ciplukan.

10. Redakan Gangguan Kelenjar Getah Bening
Penderita yang sebelumnya pernah mengalami gangguan pada kelenjar getah bening seperti pembengkakan, akan sangat disarankan untuk mengonsumsi rebusan daun ciplukan dengan rutin. Imbangi dengan konsumsi air putih yang cukup serta konsultasikan lebih lanjut ke dokter untuk penyajiannya.

Walau daunnya kecil namun ada banyak manfaat yang bisa didapat, terutama apabila kita merebus lalu mengonsumsi air rebusannya. Jangan lupa untuk mencuci bersih terlebih dahulu daun ciplukan yang hendak direbus agar terbebas dari debu atau kotoran yang mungkin menempel.

Untuk mendapat manfaat maksimalnya serta terhindar dari efek samping yang mungkin terjadi, kita bisa konsultasikan seputar pengonsumsian daun ciplukan ini pada dokter.

Yang terpenting sembari konsumsi daun ciplukan adalah jangan lupakan pola hidup sehat secara keseluruhan, seperti cukup minum air putih, makan makanan dengan gizi seimbang, olahraga teratur hingga istirahat cukup.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *