Makanan Penyebab Diabetes

Makanan Penyebab Diabetes – Penyakit seperti diabetes dan kencing manis merupakan salah satu penyakit yang sudah tidak asing lagi kita jumpai. Penyakit ini menyebabkan kadar gula dalam darah cenderung tinggi dan bila dibiarkan akan berdampak buruk bagi kesehatan mata, saraf, ginjal maupun organ tubuh lainnya.

Makanan Penyebab Diabetes

Penyakit diabetes dapat disebabkan oleh banyak faktor dan yang paling umum dijumpai adalah karena pola makan maupun pilihan makanan yang salah selain pola hidup yang salah.

Mungkin Anda berfikir bahwa makanan yang dapat menyebabkan diabetes adalah jenis makanan yang manis berlebihan maupun menggunakan pemanis buatan, namun makanan penyebab diabetes tidak hanya itu saja. Masih ada jenis makanan lainnya yang dapat menyebabkan diabetes, makanan tersebut adalah :

1. Karbohidrat tinggi

Jenis makanan dengan karbohidrat tinggi atau highly processed carbohydrates bila dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebab diabetes. Oleh karena itu kita jangan terlalu banyak memakan makanan seperti roti tawar, pasta, makaroni, biskuit, buah kalengan, permen, dan sejenisnya karena makanan tersebut memiliki kandungan gula yang sangat tinggi dalam makanan – makanan tersebut.

2. Minuman ringan / bersoda (soft drink)

Bila Anda sering mengkonsumsi minuman kaleng maka sebaiknya hal tersebut dihindari. Hal ini karena dalam 1 kaleng minuman ringan / bersoda mengandung sekitar 30 gram gula atau setara dengan 9 sendok teh gula, tentu jumlah tersebut sangat banyak bukan.

Bahkan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh American Diabetes Association menunjukkan bahwa risiko diabetes melitus meningkat 26% apabila seseorang mengkonsumsi minuman ringan atau bersoda 1 – 2 kaleng perhari.

Selain itu, minuman bersoda juga merupakan minuman yang bersifat asam yang memiliki pH 4,5 – 5,8 yang dapat Anda buktikan sendiri menggunakan pH meter. Hal ini dapat menyebabkan Anda terserang kanker, karena berdasarkan sebuah studi menunjukkan bahwa sel kanker dapat berkembang dengan baik pada lingkungan asam.

3. Lemak jenuh

Makanan yang mengandung lemak jenuh atau saturated fats dapat meningkatkan risiko diabetes selain dapat menyebabkan kolesterol. Makanan yang mengandung lemak jenuh adalah sebagai berikut susu tinggi lemak, keju olahan, mentega, selai kacang dan daging yang berlemak, oleh karena itu Anda sebaiknya jangan mengkonsumsi jenis makanan tersebut secara berlebihan.

4. Daging merah

Sumber makanan protein hewani yang baik seperti daging merah tanpa lemak memang merupakan jenis makanan yang baik, namun daging merah yang diolah menjadi daging asap dalam burger atau sosis judtru mengandung garam yang tinggi dan berpotensi menyebabkan diabetes. Bahkan studi yang dilakukan American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa resiko diabetes melitus akan meningkat bila kita rutin mengkonsumsi daging olahan.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *