Manfaat Bubuk Kunyit

Manfaat Bubuk Kunyit

Manfaat Bubuk Kunyit – Kunyit merupakan tanaman rempah yang banyak tumbuh di negara kita, warnanya yang kuning sering digunakan sebagai pewarna alami untuk makanan seperti nasi kuning, nasi rames hingga jamu.

Manfaat Bubuk Kunyit

Selain digunakan sebagai bahan rempah atau bumbu masak, kunyit juga memiliki berbagai manfaat untuk tubuh kita. Oleh karena itu sejak jaman dahulu kunyit sudah digunakan sebagai ramuan obat tradisional.

Manfaat kunyit ini bisa didapatkan saat diambil sarinya berupa air kunyit, namun seringkali hasil panennya yang melimpah membuat kunyit harus diolah lebih lanjut agar tahan lebih lama.

pengawetan kunyit dengan cara dibuat bubuk kunyit merupakan salah satu alternatif pengolahan kunyit. Bubuk kunyit dibuat dengan cara memotong mengeringkan atau menurunkan kadar air kunyit kemudian membuatnya menjadi serbuk.

Baik air kunyit maupun kunyit dalam bentuk bubuk ini mempunyai manfaat sebagai berikut :

1. Menyembuhkan jerawat

Mungkin beberapa orang tidak menyadari bahwa masalah jerawat pada wajah dapat diatasi menggunakan kunyit. Kandungan antiseptik dalam bubuk kunyit serta kandungan anti-bakterinya mampu digunakan untuk melawan jerawat.

2. Mengatasi Pigmentasi Kulit

Kunyit dapat digunakan untuk merawat pigmentasi kulit karena mengandung sifat pemutihan. Anda hanya memerlukan satu sendok teh bubuk kunyit yang dicampur dengan perasan air lemon. Campurkan kedua bahan ini dan aplikasikan pada area kulit yang ingin Anda rawat kemudian diamkan selama 20 menit. Setelah itu bilas menggunakan air bersih dan keringkan. Anda dapat melakukannya secara rutin sebelum mandi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Mengobati ketombe

Mungkin manfaat kunyit untuk mengatasi ketombe juga baru pernah Anda dengar. Minyak kunyit yang dicampurkan dengan minyak zaitun dalam takaran yang sama yang dioleskan pada rambut Anda dapat mengatasi masalah ketombe. Anda dapat mengoleskan pada rambut Anda dan biarkan selama 20 menit kemudian bersihkan menggunakan sampo untuk mengatasi masalah ketombe.

4. Atasi luka bakar

Sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang dimiliki kunyit mampu mencegah pembengkakan pada luka bakar. Bila Anda mengalami luka bakar Anda dapat menggunakan bubuk kunyit yang dicampurkan dengan minyak kelapa, jarak atau zaitun kemudian oleskan pada area yang terkena luka bakar.

5. Keriput

Ternyata masalah kerutan pada kulit kita juga dapat diatasi menggunakan kunyit. Caranya adalah dengan mencampurkan bubuk kunyit dengan bubuk beras kemudian tambahkan jus tomat dan satu sendok susu dan aduk secara merata. Setelah ramuan tersebut siap Anda dapat mengoleskannya pada area kulit yang berkerut kemudian diamkan selama 20 menit dan bilas hingga bersih. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.