Manfaat Daun Salam

Manfaat Daun Salam – Daun salam yang dikenal sebagai salah satu penyedap makanan ini memiliki wangi khas. Tidak hanya daunnya, buahnya yang berwarna merah dan bergerombol seperti buah beri-berian ini ternyata memiliki cita rasa manis dan enak dimakan.

Manfaat Daun Salam

Selain sebagai bumbu penyedap, manfaat daun salam juga berguna untuk menjaga kesehatan dan membantu mempercepat penyembuhan penyakit. Ternyata daun salam yang biasa kita gunakan memiliki banyak sekali kandungan nutrisi dan vitamin yang hampir lengkap. Berikut kandungan nutrisi pada daun salam secara rinci.

VitaminMineralLain-lainSenyawa kimia
Vitamin AKaliumProteinGeranyl asetat
Vitamin B6KalsiumKarbohidratNeral
Vitamin B12ZincKaloriLinalool
Vitamin CMagnesiumLemakChavicol
Vitamin DManganSeratMethyl chavicol
KolesterolPinene
Limonene
Fitonutrien
Asam caffeic
Salisilat
Flavonoid
Myrcene

Kandungan kolesterol pada daun salam di atas bukan berarti kolesterol jahat. Sebenarnya kita tetap membutuhkan kelesterol untuk pembentukan dinding sel, vitamin D, asam empedu, dan produksi hormon terutama hormone steroid. Dibandingkan dengan kolesterol dari junk food, daun salam memiliki kolesterol baik dan aman bagi tubuh. Begitupun dengan kandungan lemak pada daun salam. Manfaat daun salam tidak hanya dari vitamin dan mineralnya saja namun juga dari lemak, kalori, dan karbohidrat. Adapun beberapa manfaatnya untuk kesehatan adalah sebagai berikut.

  1. Mengontrol kolesterol. Kolesterol jahat akan diikat oleh senyawa kimia pada daun salam dan membuangnya, yang kemudian diganti dengan kolesterol baik pada daun salam tersebut.
  2. Mencegah diabetes dan menstabilkan gula darah
  3. Membuat menyembuhkan luka terbuka. Luka yang dilapisi dengan ekstrak atau perasan air daun salam tumbuk akan lebih cepat kering dan sembuh karena kandungan antibakteri yang mencegah pertumbuhan bakteri. Kandungan antibakteri yang terdapat pada daun salam adalah etanol dan methanol sebagai antiparasit.
  4. Membantu menambah berat badan. Tidak heran jika ketika kita makan dengan lauk atau sayur yang ada daun salamnya, nafsu makan kita bertambah. Ternyata daun salam dapat meningkatkan enzim pencernaan sehingga pencernaan lebih lancar dan terhindar dari susah BAB. Manfaat daun salam yang satu ini cocok bagi Anda yang menginginkan berat badan ideal.
  5. Mencegah hipertensi. Kandungan asam caffeic, flavonoid, salisilat, dan fitonutrien membantu menormalkan tekanan darah sehingga gejala stroke bisa dicegah.
  6. Mengobati masalah lambung. Manfaat daun salam dapat digunakan untuk menetralisisr asam lambung dan memberikan rasa nyaman di perut.
  7. Mengobati asam urat. Zat putin dari makanan yang dikonsumsi bisa dikurangi dengan meminum rebusan daun salam. Minum 2 kali sehari dengan masing-masing satu gelas kecil saja.

Aturan konsumsi daun salam

  1. Jangan dimakan mentah secara langsung karena bisa menimbulkan alergi atau gangguan pencernaan.
  2. Belum ada penelitian efek jangka panjang pengonsumsian daun salam, sehingga belum diketahui apakah memiliki efek buruk untuk ibu hamil.
  3. Konsumsi air rebus daun salam dengan cukup 3 helai daun per 3 gelas air rebusan, atau bisa sebagai bahan tambahan pembuatan jus buah lemon dan belimbing dengan tambahan sedikit madu.

Daun salam yang berguna untuk kesehatan ini perlu dilakukan penelitian secara medis untuk mengetahui perkembangan efek baik dan buruk agar masyarakat bisa lebih tahu tentang daun salam yang sesungguhnya. Adapun beberapa jenis daun salam yang tidak beredar di Indonesia yang memiliki senyawa berbahaya, seperti jenis Umbellularia californica dan California laurel. Meskipun manfaat daun salam sangat banyak namun tidak untuk dikonsumsi mentah.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *