Manfaat Gula Semut

Manfaat Gula Semut – Gula semut atau dikenal juga dengan gula kelapa ini memiliki ciri yang khas dibandingkan dengan gula putih biasa. Gula semut dibuat dari kelapa yang diolah sampai menghasilkan gula alami yang rendah kalori.

Manfaat Gula Semut

Gula semut juga mempunyai keunggulan dibandingkan gula biasa yaitu lebih mudah larut di dalam air karena memiliki kadar air yang lebih sedikit dibandingkan gula biasa, rasa manis dan aroma yang khas dibandingkan gula biasa.

Selain itu gula semut juga lebih tahan lama dibanding gula biasa dengan bentuk pengemasannya lebih unik sehingga menimbulkan minat untuk membelinya. Gula semut juga sudah banyak stoknya di pasaran dengan harga yang relatif terjangkau meskipun sedikit lebih mahal dibanding gula biasa.

Sebagai pengetahuan gula semut memiliki kandungan sebagai berikut :

  • Gizi jumlah 386 kalori
  • Air jumlah 10 gram
  • Lemak jumlah 3 gram
  • Karbonat jumlah 76 gram
  • Kalsium jumlah 76 miligram
  • Fosfor jumlah 37 miligram
  • Protein jumlah 3 gram

Selain dapat digunakan untuk keperluan rumah tangga seperti dicampurkan dengan minuman dan memasak, gula semut juga berkhasiat untuk kesehatan kita. Inilah manfaat guka semut bagi kesehatan.

1. Menjaga Kadar Kolesterol

Berdasarkan riset dari Food and Nutrition Research Institute, bahwa gula semut mengandung fitonutrien seperti flavonoid, antosianin dan polifenol. Fungsi fitonutrien gula semut tersebut untuk tubuh Kawan sangatlah vital.

Beberapa diantaranya yaitu menurunkan kadar kolesterol jahat dan mengurangi inflamasi. Kemampuan fitonutrien gula semut dalam mengurangi kolesterol LDL penting untuk menjaga kesehatan jantung Kawan.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Dalam Gula semut terdapat inulin, dimana inulin adalah salah satu jenis serat pangan. Inulin berperan dalam menjaga kesehatan pencernaan Kawan.

Mengonsumsi bahan makanan yang dilengkapi inulin seperti dapat meningkatkan imunitas tubuh. Inulin juga berguna dalam mencegah serta mempercepat penyembuhan diare.

3. Menjaga Kesehatan Saraf dan Fungsi Otot

Gula semut mengandung banyak magnesium. Lebih dari 300 reaksi biokimia di tubuh Kawan membutuhkan magnesium. Fungsi magnesium itu adalah menjaga fungsi saraf dan otot Kawan.

Selain itu, magnesium pun baik untuk memelihara otot jantung Kawan serta kekuatan tulang.

4. Mengurangi kemungkinan Osteoporosis

Disamping adanya magnesium, gula semut juga mengandung kalsium yang cukup baik. Kalsium memiliki banyak manfaat seperti menjaga sendi, otot dan tulang Kawan selalu sehat dan tentunya mengurangi kemungkinan Osteoporosis.

5. Mencegah Diabetes

Gula pasir yang biasa Anda konsumsi dapat menyebabkan diabetes. Hal tersebut dikarenakan kandungan glikemik gula pasir yang tinggi. Namun pada gula semut yang memiliki kadar glikemik rendah bisa menjadi pengganti gula pasir harian Anda. Glikemik yang rendah pada gula semut akan mengelola gula darah Anda. Mengonsumsi gula semut dapat mencegah diabetes.

Tags: