Manfaat Kapulaga

Manfaat Kapulaga – Kapulaga merupakan salah satu rempah yang ada terkenal di seluruh penjuru dunia. Manfaat kapulaga yang sangat banyak membuatnya menjadi rempah dengan harga yang mahal. Tidak semua makanan membutuhkan kapulaga, bahkan biasanya kapulaga lebih sering dijadikan campurn pada obat tradisional seperti jamu yang dikonsumsi oleh masyarakat.

Manfaat Kapulaga

Kapulaga konon berasal dari India dan akhirnya masuk dalam sebuah perkebunan kopi yang ada di Jerman. Namun sekarang ini telah banyak sekali Negara yang menghasilkan kapulaga seperti Sri Lanka bahkan Indonesia. Kapulaga memiliki bentuk lonjong dan mempunyai kulit yang hampir mirip dengan serat seperti kacang tanah dengan warna yang berbeda.

Berikut ini beberapa manfaat bagi tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Mengatasi masalah kesehatan untuk pencernaan dan perut merupakan manfaat kapulaga yang paling dasar. Seperti bentuknya yang terlihat memiliki serat, ternyata kapulaga memang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi.

Serat ini jika dikonsumsi dengan dosis yang tepat dapat digunakan untuk mengatasi sembelit pada perut. Selain seratnya yang bermanfaat, kandungan minyak atsiri pada kapulaga juga dapat mencegah munculnya gas berlebih pada perut Anda.

2. Pembekuan darah serta tekanan darah yang tidak stabil biasa dialami oleh Anda yang memiliki aktivitas tinggi dan melelahkan. Kapulaga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda konsumsi karena mengandung serat dan kalium yang seimbang. Sebagian dari serat, kalium, dan tentunya kandungan dari potasium di dalam kapulaga sangat membantu untuk meningkatkan sirkulasi dalam darah Anda.

3. Manfaat kapulaga yang selanjutnya masih berkaitan dengan pencernaan. Penyakit ini sering menyerang sistem lambung dan memiliki efek mual, bahkan sakit di bagian perut. Gastritis atau yang dikenal dengan maag, juga dapat diminimalisir dengan mengonsumsi kapulaga.

Maag bisa diderita oleh siapa saja tidak melihat usia dari orang tersebut. Kapulaga dapat memberikan sensasi dingin di dalam perut, dan hal ini ternyata bermanfaat untuk membantu meredakan gastritis atau maag tersebut.

4. Kapulaga juga termasuk rempah dengan beberapa vitamin yang tinggi mulai dari D dan C hingga kalsium. Kandungan kapulaga ini dapat membantu Anda mencegah munculnya penyakit osteoporosis atau kerusakan tulang yang terkadang terjadi karena pola hidup yang tidak sehat.

5. Mengatasi sakit otot. Beberapa mungkin baru mengetahui bahwa rempah-rempah kapulaga akan sangat membantu Anda dalam mengatasi nyeri pada otot yang terjadi akibat kelelahan, cidera pada saat melakukan aktivitas, atau bahkan karena terlalu banyak melakukan pekerjaan. Kapulaga selain dikenal dapat meredakan kejang, ternyata dapat melemaskan kembali otot pada tubuh Anda.

6. Terakhir, manfaat kapulaga yang sangat dibutuhkan untuk menjaga penampilan dalam setiap aktivitas adalah dapat mengatasi bau pada mulut. Bau mulut tentunya akan menurunkan kepercayaan diri Anda bukan? Kapulaga sudah sering dikonsumsi di India sebagai makanan penutup. Hal ini karena kapulaga menimbulkan efek yang segar dan tentunya memiliki efek pada bau mulut Anda.

Beberapa manfaat tadi dapat Anda dapatkan dari rempah-rempah kapulaga. Meskipun begitu, sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang dapat Anda temukan dari rempah ini. Namun perlu diketahui, bahwa setiap jenis tubuh manusia memiliki perbedaan penerimaan terhadap kandungan kapulaga.

Hal ini dapat menimbulkan beberapa efek samping selain manfaat kapulaga yang positif terhadap tubuh Anda. Maka dari itu, usahakan apabila Anda merasakan perbedaan setelah mengonsumsi kapulaga, harap segera melakukan pengecekan kesehatan melalui dokter terdekat.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *