Membedakan Tanah Yang Subur dan Yang Tidak Subur

Membedakan Tanah Yang Subur dan Yang Tidak Subur – Tanah merupakan sumber daya alam yang melimpah dipermukaan bumi, karena daratan sendiri terdiri dari beberapa macam jenis tanah dan proses terbentuknya pun berlangsung dengan sangat lama hingga puluhan hingga ratusan ataupun jutaan tahun yang lalu untuk terbentuknya.

Tanah di Indonesia sendiri jenisnya sangatlah beragam mulai dari tanah yang mempunyai kandungan air yang banyak hingga kandungan air yang sangat – sangat sedikit pada tanah tersebut.

Sehingga banyak sekali fungsi serta kegunaannya dalam kehidupan sehari – harinya seperti halnya menanam tanaman pada kontur tanah yang memang memiliki kandungan air yang banyak.

Ataupun tanah yang mempunyai kandungan air yang sangatlah sedikit sehingga digunakan untuk membuat sebuah bangunan ataupun bahan lainnya yang membutuhkan jenis tanah yang kering.

Untuk membedakannya bisa menggunakan alat ukur ph tanah yang dimana fungsi dari alat tersebut adalah untuk mengukur kandungan air ataupun senyawa yang ada pada tanah tersebut.

Kandungan tanah tersebut juga dipengaruhi oleh faktor alamnya sendiri juga bagaimana kondisi cuaca di sana serta bagaimana tanah tersebut terbentuk ataupun tempat terbentuknya tanah tersebut.

Untuk jenis – jenis tanah yang subur subur biasanya terdapat pada daerah perbukitan ataupun pegunungan yang memang tempat tersebut sangatlah banyak sekali tanah dengan kandungan tanah yang subur.

Karena air mengalir dari mata air yang berada pada puncak gunung ataupun pegunungan sehingga air yang berada pada tanah tersebut tercukupi dan menjadikan tanah tersebut subur.

Dan juga akibat dari sebuah erupsi gunung yang bisa menghasilkan sebuah tanah yang bisa digunakan untuk menanam sebuah tanaman seperti pohon sayur ataupun buah – buahan pada tempat tersebut.

Sedangkan tanah yang kering cenderung berada di wilayah yang memang daerah tersebut sangatlah jauh dari mata air sehingga kontur tanah yang dominan mempunyai kandungan air yang sedikit.

Dan jenis tanah yang satu ini hanya bisa ditanami oleh beberapa tanaman yang memang bisa tumbuh di tempat dengan kondisi air yang sangatlah sedikit sehingga membuatnya sering digunakan untuk membangun sebuah bahan material yang memang sering digunakan untuk bangunan.