Mendeteksi Keretakan Logam Pada Piston

Mendeteksi Keretakan Logam pada Piston – Motor pribadi juga membutuhkan perawatan agar motor tetap berada pada peforma yang baik. Bagian piston sendiri merupakan bagian penting dalam mesin karena di bagian ini terjadi pembakaran bahan bakar untuk menghasilkan energi yang akan menggerakkan motor.

Mendeteksi Keretakan Logam pada Piston

Dengan tekanan atau kompresi ruang bakar yang tinggi, ketahan komponen seperti piston akan sangat diuji. Dalam keadaan seperti itu, sangat mungkin akan menimbulkan kejadian yang tidak diinginkan. Sebagai contohnya adalah terbentuknya keretakan pada bagian piston dan lainnya yang tidak dapat Anda lihat secara langsung karena berukuran sangat kecil.

Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengecek bagian piston terlebih lagi bila peforma kendaraan sudah menurun. Namun mengeceknya secara langsung menggunakan mata, untuk mempermudah pengecekan Anda dapat menggunakan Spotcheck.

Disini Anda membutuhkan dua botol dengan cairan berbeda, yang pertama adalah spotcheck dengan tipe penetran dan yang kedua developer. Kedua peranti ini bisa didapat dengan mudah di pertokoan, bengkel atau toko onderdil motor, cairan ini biasanya dijual dengan harga 80 ribu perbotolnya.

Untuk menggunakannya pertama Anda perlu membersihkan seluruh bagian piston dengan bensin. Hal ini bertujuan agar cairan spotcheck bisa menempel dan meresap sempurna ke piston tanpa terhalang kotoran atau oli. Setelah bersih, keringkan kemudian semprotkan cairan ini ke piston Anda.

Cairan spotcheck merupakan cairan yang berwarna merah dan usahakan penyemprotan dilakukan secara tebal. Apabila penyemprotan terlalu tipis maka cairan tidak dapat meresap dengan baik pada seluruh sisi pada bagian piston tersebut. Setelah itu diamkan cairan sekitar 10 – 15 menit hingga mengering betul dan setelah kering cuci kembali menggunakan bensin hingga bersih.

Lakukan pembersihan lagi kedua kalinya menggunakan bensin kemudian dilap menggunakan lap kering. Setelah itu lanjutkan dengan menyemprotkan menggunakan cairan yaitu developer. Cairan ini merupakan cairan yang berwarna putih, semprotkan ke seluruh bagian part yang ingin dideteksi.

Penyemprotan juga dilakukan secara tebal dan merata, nantinya keretakan itu akan terlihat dengan garis garis yang ada keretakan di part tersebut. Apabila memang terdapat keretakan maka bagian tersebut akan terlihat atau timbul berwarna merah menyerupai petir.

Namun bila di bengkel profesional akan menggunakan cara yang lebih mudah dan praktis menggunakan bantuan alat yaitu flaw detector. Alat ini mampu mendeteksi keretakan pada bahan logam seperti halnya bagian piston. Dengan alat ini bahkan kita dapat mengetahui seberapa besar keretakan tersebut.

Tags: