Perbedaan Minyak Zaitun dan Minyak Kelapa

Perbedaan Minyak Zaitun dan Minyak Kelapa – Mulai sekarang mungkin sebaiknya Anda harus lebih memperhatikan minyak goreng yang biasa Anda gunakan, hal ini karena beberapa ahli percaya bahwa minyak zaitun adalah minyak goreng terbaik. Tetapi beberapa orang menyukai minyak kelapa sebagai pengganti minyak zaitun.
Minyak kelapa dan minyak zaitun keduanya semakin populer karena membantu menjaga kolesterol di dalam tubuh serta berat badan. Apabila Anda sedang bingung untuk memilih antara minyak kelapa atau zaitun, berikut adalah beberapa perbedaan dari kedua jenis minyak tersebut :

Perbedaan Minyak Zaitun dan Minyak Kelapa

Kandungan lemak

Setiap 100 gr minyak kelapa dan minyak zaitun masing – masing mengandung 14 gr lemak, perbedaan keduanya ada pada jenis – jenis lemak yang dikandungnya. Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal, jenis lemak ini merupakan jenis lemak yang baik untuk jantung yang terkandung pula pada jenis makanan seperti biji – bijian, kacang – kacangan dan alpukat.

Karenanya dengan menggunakan minyak zaitun untuk keperluan memasak maka akan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat Anda (LDL). Anda akan mendapatkan lebih banyak manfaat jika Anda menggunakan minyak zaitun murni, yang mengandung vitamin E serta senyawa polifenol yang dapat mengurangi peradangan dalam tubuh Anda.

Sedangkan minyak kelapa mengandung sekitar 85% lemak jenuh yang tidak akan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Sebab minyak kelapa mengandung asam laurat yang merupakan lemak jenuh atau asam lemak yang sama yang ditemukan dalam ASI (Air Susu Ibu).

Cara mengolah

Anda tidak boleh memasaknya di luar suhu tertentu atau jika tidak akan mulai membentuk senyawa yang mungkin berbahaya bagi kesehatan Anda. Untuk minyak zaitun, titik asapnya 280°F atau 137°C, yang berarti Anda harus menghindari pemanasan pada suhu tinggi agar kualitasnya tidak rusak.

Untuk titik didih minyak kelapa agak lebih tinggi dari minyak zaitun, yaitu 350°F atau 176°C. Hal itu membuat minyak kelapa bisa digunakan untuk memasak apapun karena titik didihnya lebih tinggi.

Penggunaan

Minyak zaitun adalah pilihan yang tepat apabila Anda akan memasak daging dan sayuran pada suhu rendah, selain itu harganya juga biasanya lebih murah. Dan minyak zaitun asli berkualitas tinggi, cocok untuk bumbu makanan dan saus salad buatan sendiri, jangan terlalu memanaskan minyak ini dengan suhu tinggi untuk menghindari hilangnya vitamin E dan senyawa polifenol.

Dibandingkan dengan minyak zaitun, harga minyak kelapa lebih mahal dan bila Anda ingin memanggang sesuatu maka jenis minyak ini juga akan sangat tepat. Apabila Anda akan memasak dalam oven atau untuk menumis maka disarankan untuk menggunakan minyak kelapa.

Manfaat kesehatan

Minyak zaitun sering disebut dengan lemak yang sehat karena mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang akan banyak membantu dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dan juga mengurangi risiko penyakit jantung hingga mengontrol gula darah.

Sedangkan para ahli percaya minyak kelapa juga dapat sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Minyak kelapa dapat berperan dalam mencegah penyakit jantung dan bahkan membantu dengan manajemen berat badan yang tepat.

Kalori

Jika dihitung kalorinya, satu sendok makan minyak zaitun mengandung 120 kalori. Sedangkan minyak kelapa 130 Kkal per sendok makan. Jika dikonsumsi, tentu minyak zaitun terbilang sehat dan rendah kalori. Atau anda bisa menggunakan alat uji titik nyala minyak untuk mengetahui lebih detail kadar kalori yang ada pada masing-masing minyak tersebut dan melihat perbedannya.

Tags: