Proses Panen Kacang Almond

Proses Panen Kacang Almond – Siapa yang tidak tahu dengan kacang almond? kacang yang kaya akan vitamin dan nutrisi ini memang memiliki ukuran yang lebih besar dibanding kaca tanah pada umumnya. Kacang almond juga dipercaya bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Proses Panen Kacang Almond

Namun tahukah Anda, kacang almond terbaik adalah yang dipanen tepat waktu karena bila terlambat memanennya maka akan menurunkan kualitas kacang ini dan juga membuatnya tidak tahan lama ketika disimpan.

Waktu pemanenan kacang almond juga tergantung dari cuaca dan iklim pada suatu wilayah dimana kacang ini ditanaman. Selain dipanen disaat yang tepat, proses pengolahan selanjutnya juga harus sesuai untuk mendapatkan kacang almond dengan kualitas terbaik.

Lalu apa sajakah proses panen kacang almond ini, berikut penjelasannya :

Masa Panen

Sebelum memanan kacang almond petani biasanya melakukan cara sederhana untuk memastikan apakah kacang tersebut sudah bisa dipanen atau belum. Biasanya petani akan mengoyangkan pohon almond ini menggunakan tangan atau alat sederhana dan bila ada kacang akan berjatuhan maka artinya kacang tersebut sudah benar – benar siap panen. Namun terkadang ada daun dan dahan yang ikut berjatuhan juga.

Setelah kacang pada pohon ini berjatuhan maka ada dua cara yang bisa dilakukan petani. Cara pertama adalah dengan memungutnya langsung menggunakan tangan, cara ini dilakukan bila ingin memilih kacang almond yang berkualitas baik. Cara kedua adalah menggunakan mesin, cara ini dilakukan bila ingin mempercepat proses panen, namun biasanya dahan dan daun tersebut juga akan terbawa. Proses kedua ini biasanya akan dilanjutkan dalam proses screening.

Penggilingan dan Pengeringan

Kacang almond yang telah dipanen mempunyai kulit bagian luar yang disebut husk, shuck, atau bur. Untuk menghasilkan almond inshell atau disebut almond cangkang maka kulit luar tersebut harus dilepaskan. Proses ini harus dilakukan sesegera mungkin karena bila kacang terlalu lama dibiarkan bersama kulit luarnya maka akan menurunkan kualitas kacang tersebut.

Namun sebelum kacang dilepaskan dengan kulit luarnya maka kacang almond harus melewati tahap pengeringan terlebih dahulu. Pengeringan ini bertujuan untuk menurunkan kadar air pada kacang almond kemudian barulah kacang digiling untuk memisahkan kulit luar dan cangkangnya. Setelah kacang terlepas dari kulitnya kemudian kacang ini akan dikumpulkan di karung dsb.

Masa Penyimpanan

Tahap terakhir disini adalah masa penyimpanan dimana suhu dan kelembaban penyimpanan akan mempengaruhi lama penyimpanannya. Kacang almond yang disimpan pada suhu kamar akan mempunyai masa simpan yang lebih sebentar dibandingkan yang disimpan di dalam freezer. Kacang yang disimpan di freezer mampu bertahan selama 1 hingga 2 tahun. Bahkan dalam suhu dibawah 0 derajat celcius dengan kelembaban 60% – 75%.

Demikian adalah proses panen kacang almond yang dilakukan untuk mendapatkan kacang almond dengan kualitas terbaik. Manfaat kacang almond bisa didapatkan tentunya dari kacang almond yang berkualitas terbaik.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *