Proses Pembuatan Jaket Kulit

Proses Pembuatan Jaket Kulit – Jaket kulit merupakan jaket yang dibuat menggunakan bahan dasar kulit hewan. Untuk membuatnya juga membutuhkan keahlian, ketelitian dan tentunya kesabaran dibandingkan membuat jaket biasa.

Proses Pembuatan Jaket Kulit

Hal ini karena proses pembuatannya cukup menyita waktu yang relatif lama. Saat ini dalam pembuatan jaket kulit banyak menggunakan kulit domba karena relatif lebih mudah untuk didapatkan, namun pembuatan jaket kulit menggunakan kulit domba prosesnya kurang lebih sama seperti menggunakan kulit hewan lain.

Untuk lebih jelasnya berikut adalah proses pembuatan jaket kulit :

Bahan Dasar Jaket Kulit

Jaket kulit sering dibuat menggunakan kulit antelope (sejenis rusa afrika), rusa, domba, kambing dan sapi. Kulit hewan tersebut kemudian akan didinginkan, digarami dan direndam dalam air garam. Setelah itu kulit akan melalui tahap penyamakan untuk melalui proses pencucian, pengeringan, pencabutan bulu, dan pengawetan.

Penyamakan Kulit (HidesTanning)

Kemudian bahan kulit yang sudah siap diolah tersebut akan melalui proses hides tanning atau penyamakan kulit dan akan melewati proses awal seperti :

  • Pencucian kulit hewan (washing)
  • Proses pengeringan / penurunan kadar air (alat ukur kadar air) pada kulit hewan (drying)
  • Proses pencabutan bulu (menghilangkan bulu)
  • Proses pengawetan (preserving)
  • Pewarnaan (Coloring)

Setelah kulit hewan tersebut melalui proses di atas maka selanjutnya kulit akan memasuki tahap pewarnaan. Pada tahap ini kulit akan diwarnai dengan warna dasar seperti coklat dan hitam, namun dapat juga diwarnai sesuai dengan keinginan.

Pembuatan pola desain atau model jaket kulit

Setelah kulit selesai melewati proses pewarnaan maka selanjutnya akan dibuat pola atau model di atas kulit tersebut. Bila jaman dahulu pola dibuat di atas kertas / karton secara manual yang walaupun sekarang juga masih ada yang menggunakan cara tersebut, akan tetapi belakangan setelah tersentuh oleh kemajuan teknologi, ada sebagian pengerajin yang menggunakan software komputer untuk mempercepat proses pengerjaan.

Sewing proses penjahitan

Setelah kulit dibuat pola di atasnya maka dilanjutkan dengan proses sewing atau menjahit. Proses penjahitan (sewing) dapat dilakukan memakai mesin jahit secara manual bila jaket hanya untuk skala kecil. Bila produksi dalam jumlah besar atau partai besar maka dapat menggunakan mesin konveksi untuk industri. Proses ini membutuhkan penanganan dari ahlinya agar dapat membuat jaket yang nyaman dipakai dan jahitan yang rapi.

Pemolesan Jaket Kulit (Rouging)

Setelah jaket selesai dijahit maka selanjutnya jaket akan melalui proses pemolesan atau disebut juga dengan rouging. Proses ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran dan noda yang masih tersisa pada jaket pada proses sebelumnya. Selain itu proses ini juga bertujuan untuk membuat permukaan jaket tampak mengkilat.

Incoming search terms:

  • alat dan bahan pembuatan jaket
  • tahapan dan anggaran pembuatan jaket

Tags: