Teknologi Pengukuran Ketebalan Logam

Teknologi Pengukuran Ketebalan Logam – Pengukuran ialah suatu penentuan besaran, dimensi atau kapasitas, seringkali terhadap sebuah standar atau satuan pengukuran. Pada pengukuran ketebalan logam terdapat prinsip pengukuran yang digunakan. Prinsip dimensi, pengukuran ketebalan geometri mencakup satu sensor jarak optik pada setiap sisi materialnya.

Teknologi Pengukuran Ketebalan Logam

Jarak (rentang operasi) kedua sensor ditentukan dalam proses kalibrasi berdasarkan standar pengukuran bersertifikasi dimana ketebalan ditambahkan ke jumlah sinyal sensor untuk menentukan rentang operasi saat ini.Untuk pengukuran ketebalan selama produksi,selisih antara jumlah sinyal jarak dan nilai kisaran dapat ditentukan.

Inovasi “Discrete laser line”.

Dengan menggunakan lensa khusus akan memperbesar sinar laser untuk membentuk garis laser statis, garis ini kemudian diproyeksikan ke permukaan target. Sistem optic berkualitas tinggi memproyeksikan pantulan sinar laser yang difusif ini ke matriks sensor yang sangat sensitive yang mendeteksi selama satu pengukuran,bergantung pada sensor,profil dengan 640 atau 1280 titik pengukuran. Dari gambar matriks ini,pengontrol terintegrasi menghitung informasi jarak (sumbu z) dan posisi di sepanjang garis laser (sumbu x) dalam sistem koordinat dua dimensi.

Kalibrasi otomatis.

Sistem ini dilengkapi dengan kalibrasi in-situ untuk mengimbangi mis,untuk efek fluktuasi suhu.Bergantung pada aplikasi masing-masing,dengan kalibrasi ini,bagian referensi/kalibrasi atau frame C dapat diposisikan. Selanjutnya,fungsi sistem yang benar dapat terbukti secara siklis setiap saat. Perangkat lunak analisis memungkinkan verifikasi kemampuan sistem pengukuran yang mudah dan cepat,yang dapat dilakukan secara otomatis tergantung pada aplikasi.

Kompensasi untuk gerakan strip.

Dibandingkan dengan sensor titik laser,pengukuran triangulasi laser line menawarkan akurasi dan stabilitas yang lebih baik.Sudut kemiringan,warping dan deformasi material dapat dikenali dengan menggunakan sensor profil dan dipertimbangkan dalam hasil pengukuran. Hal ini memungkinkan CONTROL MTS 820X.LLT untuk memberikan pengukuran ketebalan berkualitas tinggi dengan akurasi dalam kisaran micrometer,bahkan bila lembaran logam yang diukur adalah beberapa mm tebal dan miring.

Karena kecepatan data yang tinggi,sensor garis laser telah terbukti sangat stabil di lingkungan yang keras.Dalam situasi di mana ada 50% kehilangan titik pengukuran.Karena uap,kontaminasi yang dapat digunakan masih menghasilkan nilai pengukuran yang sangat stabil dan karenanya lebih unggul dari teknologi titik laser.

Atau Anda juga bisa menggunakan alat ukur ketebalan ultrasonik atau thickness meter untuk melakukan pengukuran ketebalan. Dilengkapi dengan fitur yang sangat luar biasa sehingga akan sangat memudahkan Anda dalam melakukan pengukuran.

Leave a Comment